Monday, 06 17th

Last update04:23:00 AM

PT. BPR BINA ARTA SWADAYA

Category: BPR Published on 12 September 2012 Super User
Hits: 6046

Gambaran Umum

PT BPR Bina Arta Swadaya Yogyakarta dahulu PT. Bank Perkreditan Rakyat Jatiarta Swadaya, berdiri pada tanggal 12 Juni 1992 dengan Akte Notaris No. 78 tanggal 12 Juni 1992, Notaris Raharti Sudjardjati, SH.   Sejak 13 April 2007 nama BPR berubah menjadi PT. BPR Bina Arta Swadaya Yogyakarta. Hal itu sesuai dengan surat Bank Indonesia No. 9/211/DPBPR/IDABPR/Yk, tanggal 21 Maret 2007 dan No. 9/249A/DPBPR/IDABPR/Yk tanggal 28 Maret 2007, tentang persetujuan perubahan nama bank.

Bentuk kelembagaan PT. BPR Bina Arta Swadaya Yogyakarta selanjutnya disebut BPR BAS Yogyakarta adalah Perseroan Terbatas (PT), yang bergerak di bidang pelayanan dan jasa keuangan.

Dalam akte pendirian disebutkan bahwa maksud dan tujuan BPR BAS Yogyakarta adalah:

  1. Menghimpun Dana Dari Masyarakat
  2. Menyalurkan dana kepada pengusaha kecil dan atau masyarakat  pedesaan.

Seiring perkembangan Visi dan misi disempurnakan  menjadi

1. Visi :  Mitra handal dan terpercaya pengusaha mikro dalam meningkatkan kesejahteraan secara mandiri

2. Misi :

  • Mengembangkan keberdayaan Pengusaha Mikro melalui penyediaan dana, pengetahuan dan jejaring
  • Menjaga dan meningkatkan kredibilitas lembaga dalam rangka mendapatkan kepercayaan dari penyedia dana
  • Mitra handal dan terpercaya pengusaha mikro dalam meningkatkan kesejahteraan secara mandiri
 
 
Alamat Kantor PT BPR BINA ARTA SWADAYA YOGYAKARTA
Jl Wates Km 3, Ngestiharjo, Kasihan , Bantul Yogyakarta.
Telp (0274) 373237, 6993935, 6993547, Fax (0274) 373237
e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Kepemilikan Saham dan Sususan Pengurus

Modal disetor  BPR Bina Arta Swadaya Yogyakarta berjumlah Rp. 1.500.000.000,- (satu milyar lima ratus juta rupiah), telah disetorkan para pemiliknya, dengan komposisi sebagai berikut :

 

KOMPOSISI KEPEMILIKAN SAHAM

(dalam ribuan)

NO

PEMEGANG SAHAM

NOMINAL

%

1

YAYASAN BINA SWADAYA

1.400.000,-

93,33

2

Drs. KOESWANDI

100.000,-

7,67

 

JUMLAH

1.500.000,-

100,00

Susunan pengurus per Desember 2011 , sebagai berikut:

SUSUNAN PENGURUS

NO

NAMA PENGURUS

JABATAN

1

CHOSMAS CHAERUL CHAERAWAN

KOMISARIS UTAMA

2

DRS, SARJONO

KOMISARIS

3

ANTONIUS WAWAN SUBIYANTORO, SH

DIREKTUR UTAMA

4

IR. JULIONO MAHANANTO

DIREKTUR

 Pelayanan Yang diberikan

Penghimpunan dana

a. TABUNGAN

Saat ini ada lima Produk Tabungan yang di keluarkan oleh bank. Tujuan dari variasi kredit adalah untuk memberikan pilihan kepada masyarakat terhadap kebutuhan menyimpan dana berdasar kelebihan masing-masing.  Produk produk tersebut adalah :

Tabungan Perorangan adalah tabungan yang diperuntukkan bagi peminjam yang wajib menyimpan tabungan beku di BPR sebagai salah satu persyaratan wajib ketika mendapatkan pencairan kredit. Bunga saat ini dalam kisaran 5 %.

Tabungan Kelompok adalah tabungan untuk memfasilitasi nasabah nasabah yang tergabung dalam KSM atau kelompok organisasi.

Tabungan TARA Adalah tabungan yang diselenggarakan oleh gabungan sebagian BPR Di Jawa tengah dan DIY dengan menyatukan berbagai keunggulan yang ada Dengan memberikan bunga menarik dan dengan saldo mengendap minimal Rp. 10.000 dan setiap kelipatan akan memperoleh satu kupon undian yang diundi setiap enam bulan sekali dengan hadiah 1 buah Toyota Avanza, 4 Sepeda Motor, 5 Sepeda Gunung 5 Lemari Es dan Uang Tunai.

Tabungan Plus-Plus Adalah tabungan sistem jemput bola  yang diperuntukan bagi para pedagang Pasar dengan fasilitas tambahan berupa fasilitas  kredit dengan plafon dua kali jumlah tabungan yang wajib dibekukan dengan jumlah plafon yang telah dibatasi jumlah maksimal pencairannya.

Tabungan Swadaya adalah tabungan Mingguan  yang wajib dilakukan oleh anggota kelompok PKM yang beranggotakan  ibu rumah tangga produktif atau para pengusaha mikro dengan tabungan minimal Rp 2.000,- setiap minggunya.

b. DEPOSITO

Produk Simpanan dengan jangka waktu sesuai yang dikehendaki nasabah mulai dari 1 Bulan sam 12 bulan aman dan menguntungkan dengan bunga menarik (masuk penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan) dan dapat dijadikan agunan kredit bagi deposan  sampai 100%.

c. KREDIT

Untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah dalam memperoleh pinjaman bank memberikan beberapa fasilitas kredit yang bisa di akses oleh para nasabah dengan beberapa keuntungan masing masing produk. Selain kredit PKM, Pelunasan sebelum jatuh tempo kewajiban membayar bunga pada saat pembayaran pelunasan sampai jatuh tempo dibebaskan.

Jenis Kredit yang ditawarkan Perorangan , Sebrakan/ Insidentil Kredit dengan tanpa angsuran hanya pembayaran bunga pokok dibayar pada saat jatuh tempo jangka waktu tidak lebig 3 bulan, Kredit Kelompok dan Kredit Karyawan

Pelayanan Lain

Selain menghimpun dana dan menyalurkan kredit PT BPR Bina Arta Swadaya juga memberikan pelayanan dalam hal pembayaran Tagihan Telepon,Speedy, PLN dan pengisian pulsa.

Prestasi : FINALIS CITY ENTERPRENEUR 2008 Nasabah dan Pendamping Pelaku Usaha Mikro

PT. BPR KEBOMAS

Category: BPR Published on 12 September 2012 Super User
Hits: 4721

Sekilas Tentang PT. BPR Kebomas

  • PT. BPR Kebomas resmi berdiri pada tanggal 26 September 1989. Pemiliknya adalah Ibu R.A. Sri Retno Kusuma Dewi. Pada mulanya berjalan dengan baik, namun karena kebutuhan penambahan modal yang tidak sanggup dipenuhi mengakibatkan kinerja BPR semakin lama menurun. Pada akhirnya pemilik memutuskan untuk menjual kepemilikan BPR Kebomas kepada pihak lain. Gayung bersambut, pada 15 Maret 2000 Yayasan Bina Swadaya mengakuisisi PT. BPR Kebomas dengan kepemilikan saham saat itu 90 % oleh Yayasan Bina Swadaya sementara sisanya 10 % oleh Drs KPH.H Sumargono K.
  • Dibawah kepemilikan Yayasan Bina Swadaya BPR mulai memperbaiki kinerjanya dan terus mengalami pertumbuhan. Mulai Oktober 2003 BPR mulai fokus pada pelayanan keuangan mikro karena selain menguntungkan secara finansial, juga merupakan misi utama dari Yayasan Bina Swadaya sebagai pemilik BPR, yaitu turut berkiprah dalam pemberdayaan masyarakat kecil dan pengusaha mikro. Kredit mikro saat ini merupakan sektor andalan dari BPR Kebomas, hal ini terlihat bahwa dari tahun ke tahun perkembangannya semakin menggembirakan.
  • PT. BPR Kebomas berlokasi di Jl Jawa No 7 Perum Gresik Kota Baru, Gresik. memiliki 1 (satu) kantor pelayanan kas di Jl Raya Menganti, Gresik. Sampai dengan Nopember 2011, PT. BPR Kebomas memiliki 3738 orang nasabah kredit, 4.628 penabung dan 83 deposan. Area pemasaran : hampir disemua kecamatan di Kabupaten Gresik telah terlayani (kecuali Kec Bawean) dan melayani sekitar wil gresik, yaitu Lamongan, Tuban, Jombang.

 


Visi PT. BPR Kebomas adalah :

Menjadi lembaga keuangan mikro yang unggul dengan pelayanan keuangan yang cepat, mudah dan akurat

Misi PT. BPR kebomas adalah :

  • Mengembangkan masyarakat cinta dan layak bank
  • Memberikan keuntungan yang layak pada pemegang saham
  • Meningkatkan imbal jasa pada karyawan sesuai dengan kinerja
  • Mengembangkan ekonomi daerah
  • Mengembangkan kemandirian dan keberlanjutan

 


Dewan Pengurus

 

Pemegang Saham :  Yayasan Bina Swadaya

Ketua : Nico Krisnanto

            Suryo Dwianto Agung N, SE, MM

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Suryo Dwianto Agung N, SE, MM

Komisaris : Chosmas Chaerul Chaerawan, SE

Direksi

Direktur Utama : Drs. Widyoseno

Direktur : Acep Hermanto, SE

 


Kredit Perorangan

Pinjaman yang diberikan kepada perorangan. Kredit ini mempersyaratkan adanya jaminan fisik.

Kredit Kelompok

Pinjaman yang diberikan kepada sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa pengusaha kecil.

Kredit Pegawai

Ditujukan bagi karyawan yang bekerja dalam sebuah institusi atau perusahaan. Kredit ini diberikan juga kepada guru dan pegawai sekolah atau madrasah di wilayah Gresik

Kredit KKM

Produk ini mengadopsi sistem kredit mikro seperti yang ada di Bangladesh. Pinjaman diberikan khusus kepada wanita guna mendukung peningkatan penghasilan keluarga lewat usaha mikro yang telah dijalankannya. Kredit ini tanpa jaminan fisik. Angsuran dilakukan seminggu sekali dengan dibarengi menabung secara rutin.

Kredit Karyawan

Ditujukan bagi karyawan PT. BPR Kebomas


Tabungan Perorangan

Tabungan ini dperuntukkan bagi penabung umum (perorangan).

Tabungan Kelompok

Tabungan ini diperuntukkan bagi penabung kelompok atau kelompok penerima kredit.

Tabungan Beku

Tabungan ini diwajibkan untuk semua debitur

Tabungan KKM

Tabungan ini diwajibkan bagi penerima kredit mingguan, yang disetorkan setiap minggunya bersama dengan angsuran kredit.

Tabungan Ceria

Adalah suatu produk tabungan yang ada unsur hadiahnya. Hadiah akan diberikan secara undian , maksudnya adalah setiap tabungan yang memenuhi syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan oleh Bank berhak mengikuti undian yang akan dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan sekali. Produk tabungan Ceria ini diperuntukkan bagi nasabah kredit mikro, guru serta masyarakat umum.

PT. BPR TATAARTA SWADAYA

Category: BPR Published on 12 September 2012 Super User
Hits: 3958

PROFIL PERUSAHAAN

Pemegang Saham Pengendali

Pengurus :

  • Dewan Komisaris

 

 

  • Direksi

:

 

:

:

Yayasan Bina Swadaya

 

  1. Suryo Dwianto Agung Nugroho,SE,MM
  2. Drs. Sarjono

 

  1. Suryana,SE
  2. Eka Ratnawati,SE

 


SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA BPR TATAARTA SWADAYA

 

Pada awalnya gagasan pendirian PT. BPR Tataarta Swadaya dilakukan oleh Yayasan Bina Swadaya Jakarta, dengan maksud untuk mengoptimalkan pengembangan sosial ekonomi pedesaan di Lampung dengan pendekatan penumbuhan dan pendampingan Kelompok Swadaya Masyarakat. Kegiatan penumbuhan dan pendampingan kelompok tersebut telah dirintis oleh Yayasan Bina Swadaya di Lampung sejak tahun 1987 dengan pola pengelolaan proyek-proyek pengembangan kelompok usaha produktif yang dibiayai oleh Lembaga Dana, baik dari Dalam maupun Luar Negeri.

Dengan semakin berkembangnya usaha produktif kelompok-kelompok dampingan yang pernah dibina sementara jangka waktu proyek yang sudah habis dan semakin minimnya Lembaga Dana yang sanggup membiayai Usaha produktif kelompok, maka guna mempertahankan Visi dan Misi Yayasan Bina Swadaya dalam memberikan pelayanan permodalan kepada "Wong Cilik" melalui Divisi Bina Dana Yayasan Bina Swadaya pada waktu itu timbulah gagasan untuk mendirikan sebuah Lembaga Keuangan Mikro yang Formal dalam bentuk Bank Perkreditan Rakyat dengan memanfaatkan kemudahan Deregulasi Perbankan dari Pemerintah melalui "PAKTO 88".

Dengan ide tersebut maka terbentuklah sebuah Lembaga Keuangan Mikro secara Formal yaitu PT. BPR Tataarta Swadaya yang didirikan dengan Akte Notaris nomor : 79 tahun 1992

 


 

JARINGAN PELAYANAN

Kantor Pusat

Jln. Jend. Sudirman No.555 A, Kotagajah, Lampung Tengah - 34153

Telp. ( 0725 ) 44221, 44224

Fax ( 0725 ) 48317

 

Kantor Cabang Bandar Lampung

Jln. Ratu Dibalau Ruko Tanjung Raya Permai Blok BB No.14A Tanjung Seneng Bandar Lampung

Telp. ( 0721 ) 784584 - 784585

 

Kantor Kas Kecamatan Seputih Raman

Jalan Raya Seputih Raman Lampung Tengah

Telp. ( 0725 ) 7621072

 

Kantor Kas Kecamatan Rumbia

Jalan Raya Rumbia Gaya Baru Lampung Tengah

Telp.( 0725 ) 7627018

 

Kantor Kas Kecamatan Seputih Mataram

Pasar Merapi Seputih Mataram

Telp. (0725) 7568144

 


PRODUK YANG DIJUAL

 

  1. PRODUK SIMPANAN
  • Tabungan
  1. Tabungan Swadaya ( Umum )
  2. Tabungan Arisan Berhadiah ( TABER )
  3. Tabungan BPR-SAVE
  4. Tabungan Pelajar Swadaya
  5. Tabungan Wajib Siswa
  6. Tabungan Siswa Terencana ( TASCANA )
  • Deposito Biasa ( 1 bln,3 bln, 6 bln, 12 bln )

 

  1. PRODUK KREDIT
    • Kredit Perorangan ( Umum )
    • Kredit Perorangan ( Pegawai )
    • Kredit Modal Kerja Pertanian ( Musiman )
    • Kredit KPKM
    • Kredit Rekening Koran

Hubungi Kami

  • Jl. Gunung Sahari III No. 7 Jakarta Pusat 10610
  • Telp. : (+6221) 420 4402